Menu Buka Puasa Praktis: Aneka Buah Segar

MENYAJIKAN MENU BUKA PUASA PRAKTIS pasti selalu menjadi target utama, khususnya bagi kita para istri dan ibu yang berperan dan bertugas mempersiapkan serta menghidangkan sajian berbuka selama Ramadan.

Kalau mau yang paling praktis, tinggal ke pasar juadah terdekat dan membeli kue-kue di sana [Baca juga: Puasa Saat Pandemi, Pasar Juadah Tetap Ramai] atau membeli lauk siap makan bila lebih menyukai berbuka puasa langsung dengan makanan berat.

Jika memilih berbuka puasa sesuai sunnah atau seperti anjuran pakar nutrisi, Pak Wied Harry, pun praktis juga. Tinggal membeli dan menyiapkan kurma basah atau kering atau air putih. Atau bisa juga diganti dengan buah-buahan segar lokal yang berlimpah di sekitar kita. 

Tapi, Pak Wied mengingatkan agar TIDAK memakan tiga buah berikut langsung di waktu berbuka (baru boleh dimakan beberapa saat setelahnya, misalnya selepas membatalkan puasa dengan buah atau makanan lain):
  • Nangka
  • Cempedak
  • Durian

Sajian Buah Terbaik untuk Buka Puasa Praktis: Buah Potong atau Jus Buah Cold-pressed atau Smoothie Buah?

Semua jenis sajian buah baik untuk langsung diasup di waktu berbuka (selama tanpa tambahan gula atau sejenisnya), menurut Pak Wied. Namun memang yang paling ideal adalah buah segar dalam bentuk aslinya atau buah potong, karena selain paling praktis, di situ akan ada aktivitas mengunyah. Pak Wied selalu menekankan bagian mengunyah makanan hingga lumat sebagai sesuatu yang penting, mengingat hal tersebut turut berperan bagi optimalnya nutrisi dari makanan yang kita konsumsi, plus membuat kita kenyang lebih lama.

Kalaupun ingin sesekali menikmati buah dalam bentuk jus cold-pressed dan smoothie, pastikan kita tidak sekadar meminum, namun juga masih ada mengunyah walau sedikit.

Ada yang pilihan menu buka puasa praktisnya cukup berupa buah segar juga?

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022 Blogger Perempuan Network.

Foto oleh Diar A.

Comments

  1. waih segerrr mbaaa. emang buah-buahan itu cocok buat menu berbuka puasa. di sini juga senang, apalagi buahnya pakai salad buat saosnya bikin ketagihan.

    kalau jaman saya kecil buah2an itu pakai buah kaleng yang dijual di supermarket itu loh mba >.< trus tambah air dikit wes enak. kalau sekarang home made gini banyak jual lebih sedeeep rasanya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyess, Mbak. Jaman sekarang olahan buah udah banyak ragamnya, ya. Tapi memang yang namanya berbuka setelah belasan jam berpuasa, 'cuma' minum air kelapa muda tok atau air perasan tebu tok juga udah nikmuat tenan 😄

      Delete

Post a Comment

PALING BANYAK DIBACA PEKAN INI: