Cerita Tentang Hobi yang Tak Pernah Berubah

SEDARI DI USIA SEKOLAH DASAR HINGGA KINI HAMPIR KEPALA EMPAT, ada dua hobi yang tetap dan selalu setia saya kerjakan, yaitu membaca dan menulis. Saking sudah dilakukan seperti aktivitas keseharian biasa, saya sering lupa bahwa dua aktivitas tersebut merupakan hobi saya.

Minat terhadap aktivitas lain yang menjadi hobi orang-orang lain ya pernah ada juga, tapi tidak pernah ada yang sampai berakhir menjadi hobi. Istilahnya, sekadar menjadi persinggahan bagi saya mencoba sesuatu yang baru saja.

Sebagai contoh, saya pernah mencoba menekuni kruistik gara-gara awalnya merasakan nostalgia satu masa di SD dulu yang pernah diajarkan membuat atau menjahit kruistik (dan kala itu saya cukup menikmatinya). Tapi apa mau dikata, belum juga satu pola gambar tuntas dijahit, minat saya untuk jahit-menjahit tusuk silang sudah keburu redup.

Olahraga lari juga bisa menjadi contoh bagaimana saya pernah coba tekuni di usia akhir 20-an, meskipun aslinya saya bukan tipe orang yang menyukai olahraga. Setelah sempat terpotong jeda hamil dan melahirkan, saya tidak lagi ingin menekuni olahraga tersebut.

Selain kruistik dan olahraga lari, saya pun pernah memberanikan diri menuruti munculnya minat-minat lain, mulai dari minat bercocok tanam di lahan rumah sendiri sampai minat fotografi, dan entah minat-minat apa lagi sebelumnya yang saya sudah tidak ingat. Lagi-lagi tidak ada yang berakhir menjadi hobi. Semuanya hanya sementara.

Sepertinya hati dan pikiran saya sudah terbiasa dengan membaca dan menulis. Meskipun untuk aktivitas menulis semakin ke sini jadi lebih banyak untuk konsumsi pribadi dan tidak seproduktif aktivitas membaca, namun tetap saja saya selalu dan selalu kembali pada dua hobi itu. Bila pun ada jeda, masih bisa dihitung dengan mudah berapa lamanya.

Ada yang hobinya sama seperti saya dan yang sudah menekuninya sejak masih kecil juga?

Tulisan ini dibuat sebagai bagian dari 30 Day Ramadan Blog Challenge 2022 Blogger Perempuan Network.

Sumber foto:

Comments

PALING BANYAK DIBACA PEKAN INI: