Rutinitas Saat Menunggu Buka Puasa ala Keluarga Kami

Sumber foto: Lucas Alexander via Unsplash

BISA dibilang keluarga kami tidak memiliki rutinitas khusus saat menunggu buka puasa. Apalagi anak-anak sudah semakin besar dan punya kawan main sendiri di kompleks tempat tinggal kami, sehingga biasanya mereka akan menghabiskan waktu sebelum berbuka puasa dengan kawan-kawan mereka -- mulai dari bermain biasa, sampai berolahraga bulu tangkis.

Sementara saya di rumah, seperti di hari-hari biasa saja, mengurus dan menyelesaikan segala urusan rumah tangga, terutama mencuci peralatan makan dan masak sisa sahur dan bekas pakai si anak bayi yang tidak berpuasa. Terkadang juga saya memanfaatkan waktu sebelum berbuka untuk mencuci dan menjemur pakaian.

Suami saya, bila tidak ada 'jadwal' buka puasa di luar, biasanya 'bertugas' membeli makanan ringan dan minuman manis untuk berbuka puasa sepulangnya dari tempat kerja. Atau terkadang saya yang mendapat bagian beli-beli tersebut. Kadang anak-anak ikut, kadang tidak.

Yang jelas, aktivitas membeli kue-kue ini sebisa mungkin dilakukan saat waktunya sudah mulai dekat dengan waktu berbuka puasa, agar kue-kue tersebut tidak habis duluan dimakan oleh si bocah 2 tahun yang sangat doyan ngemil.

Tidak ada aktivitas memasak? Tidak, karena kami terbiasa buka puasa dengan makanan ringan saja. Ada yang sama seperti keluarga kami?

Catatan:

Postingan ini saya tulis sebagai kepesertaan saya dalam BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge.

Comments

PALING BANYAK DIBACA PEKAN INI: