Pengalaman Bertahun-tahun Tanpa Hobi Baru

Sumber foto: Margarida Afonso via Unsplash

TEMANYA tentang hobi terbaru, tapi sayangnya, lebih dari tiga puluh lima tahun hidup di dunia, hobi saya tetap sama dari masa ke masa alias dari masih kecil, yaitu membaca dan menulis.

Garing dan agak geeky, cuma ya mau bagaimana lagi, perkembangan dan perubahan zaman nyatanya tidak juga membuat saya setidaknya menambah satu hobi baru. Bahkan masa pandemi Covid-19 yang konon membuat banyak orang di seluruh dunia menemukan hobi dan minat baru, ternyata tidak berlaku pada diri saya.

Orang-orang beramai-ramai bercocok tanam tanaman hias, tidak menggugah diri saya. Membedakan tanaman satu dengan yang lain pun saya tidak paham.

Banyak orang berbondong-bondong bersepeda, selain karena tidak memiliki sepeda, pengalaman lampau juga membuat saya tidak terdorong untuk menyukai sepedaan.

Yang jelas, membaca dan menulis tidak pernah membuat saya merasa ingin berhenti. Bahkan membaca juga sudah menjadi kebiasaan saya hampir setiap saya makan. Makan tanpa membaca, ada yang hampa rasanya.

Walau terkesan monoton, saya selalu menikmati dua hobi klasik ini. Ke depannya tidak tahu ya, apakah saya akan pernah menambah atau mungkin malah beralih ke hobi baru. Itu urusan nanti, ya.

Ada yang status quo juga dengan hobinya seperti saya?

Catatan:

Postingan ini saya tulis sebagai kepesertaan saya dalam BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge.

Comments

PALING BANYAK DIBACA PEKAN INI: