Pencapaian Tertinggi dalam Hidup: Menjadi Diri Sendiri

Sumber foto: Lukas Juhas via Unsplash

JUDULNYA berasa judul buku self-healing atau buku tentang self-love, ya. Tapi inilah judul yang saya rasa paling cocok yang muncul di pikiran setelah hampir seharian saya brainstorming soal tema ngeblog hari ini.

Pencapaian (duniawi) dalam hidup ya alhamdulillah ada lah, walau tidak terbilang banyak. Tapi, kok, ya tidak ada yang membuat saya berminat buat menceritakannya untuk tema seputar pencapaian tertinggi dalam hidup.

Di usia yang secara perlahan insyaallah menuju 40 tahun, terutama dengan status sebagai seorang istri, ibu, dan ibu rumah tangga (yang nyambi jadi bakul kue), hidup hampir selalu terasa seperti melulu menjadi tiga 'sosok' tersebut.

Kadang terasa perasaan rindu dipanggil dengan nama sendiri, just because. Kadang terasa ingin menekan tombol pause untuk menjauh sejenak dari 'ingar bingar' kehidupan berkeluarga.

Ironis rasanya bagaimana kita meninggalkan masa lajang dengan semangat tinggi mengharapkan kebahagiaan (tambahan) dengan hidup bersama 'orang asing' yang kemudian menjadi pasangan kita dan bersama 'orang-orang baru' yang kita lahirkan, untuk kemudian tiba di satu titik di mana kita merindukan diri kita yang dulu ketika masih muda dan melajang. Apa cuma saya yang seperti ini? Apa ini hanya sebuah fase hidup yang sifatnya sementara?

Untunglah masih ada yang namanya waktu luang dalam hidup -- meski sedikit dan mungkin juga 'receh' -- untuk menikmati secuil 'kehidupan sebagai diri sendiri': membaca buku yang bukan buku seputar kehidupan berkeluarga atau seputar menjadi orang tua; memiliki dan menulis di blog milik diri sendiri; dan mempunyai serta mengurus bisnis sendiri (meski masih sering bergantung secara finansial pada pasangan).

Bisa merasakan menjadi diri sendiri di waktu-waktu tersebut sudah terasa seperti sebuah pencapaian tertinggi dalam hidup saya. Bagaimana dengan Anda?

Catatan:

Postingan ini saya tulis sebagai kepesertaan saya dalam BPN 30 Days Ramadan Blog Challenge.

Comments

PALING BANYAK DIBACA PEKAN INI: