Skip to main content

Resep Donat Tanpa Telur

donat tanpa telur

Sesuai janji (yang sudah terlalu lama), saya bagikan kembali resep adaptasi donat tanpa telur yang selalu saya gunakan setiap kepikiran pengin bebikinan donat di rumah.

Dulu, sewaktu blog ini masih dengan platform Wordpress, pernah saya tuliskan juga resepnya. Tapi, waktu itu versi menguleni seadanya, sedemikian sehingga bentuk donatnya seadanya juga.

Terakhir mencoba resep ini lagi (dua kali, dan sudah sekian bulan lalu), saya berhasil menguleni adonannya dengan lebih baik dibanding sebelumnya. Dari dua kali aplikasi resep tersebut, pertama saya bentuk donatnya secara manual, kedua menggunakan cetakan (dari botol minum yang agak besar, lubang di tengahnya dari mulut botol minum yang kecil).

Saya suka sekali dengan bentuk donat versi cetak, namun sayangnya adonannya saya giling terlalu tipis, sehingga mengembangnya tidak terlalu besar. Secara keseluruhan, saya tetap merasakan kepuasan tersendiri. Meluangkan waktu mencari tahu cara menguleni donat via YouTube ternyata tak sia-sia.

donat tanpa telur

Menguleni donat (dengan baik dan benar) ternyata gampang-gampang susah. Bagian terberatnya? Harus bersabar karena proses menuju siapnya adonan bisa dibentuk itu lumayan lama.

Untuk donat yang dibentuk secara manual, saya hanya memberikan pugasan standar berupa olesan tipis margarin dan taburan meses. Sedangkan donat yang dicetak saya pugas dengan lelehan krim cokelat Oreo dan taburan remah halus Oreo. Namun berhubung krimnya tidak cukup untuk semua donat, sisanya saya ganti dengan olesan margarin.

donat tanpa telut

Resep Donat Tanpa Telur dengan Pugasan (Topping) Oreo

Oleh Diar Adhihafsari, diadaptasi dari resep Eggless Donut milik Vie Orshanty (via Facebook Group Natural Cooking Club)

Bahan-bahan:
  • 250 gr tepung terigu
  • 50 gr margarin
  • 1 + 1/2 sdm gula pasir (bila suka manis, bisa ditambah sesuai selera)
  • 1/4 bks ragi instan (dari kemasan 12 gr atau sejenisnya)
  • 125 ml susu cair hangat (saya pakai susu bubuk khusus baking yang dicampur air hangat)
  • 1 bks Oreo (saya pakai yang isian cokelat), pisahkan krim dan biskuitnya. Lelehkan krimnya dengan cara ditim (saya pakai cara masukkan krim dalam mug tahan panas, lalu masukkan mug ke dalam panci kecil berisi sedikit air di atas kompor). Haluskan biskuitnya (saya menggunakan pelumat atau blender khusus untuk bahan kering)
Cara membuat:

1. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam satu wadah, aduk rata menggunakan sendok atau spatula.

2. Masukkan margarin, remas-remas adonan memakai tangan.

3. Tambahkan susu cair hangat sedikit demi sedikit, uleni dengan teknik melipat adonan ke bagian dalam atau bawah, ulangi terus sampai adonan tidak lengket dan terasa kalis.

4. Bulat-bulatkan adonan dan bolongi bagian tengahnya menggunakan jempol tangan. Atau bisa juga digiling dengan rolling pin (saya pakai botol minum plastik), lalu dicetak dengan ring cetakan donat (atau pakai apa saja yang ada di rumah, misalnya mulut botol minum atau mulut gelas).

5. Tutup adonan donat dengan kain bersih dan diamkan hingga adonan mengembang.

6. Goreng donat dalam minyak banyak dengan api sedang, lalu tiriskan.

7. Setelah donat dingin, oleskan krim Oreo leleh secukupnya, lalu masukkan ke dalam wadah berisi remah halus Oreo.

Selamat mencoba.

Comments

BACA JUGA POSTINGAN TERPOPULER PEKAN INI:

Cara Membuat Pembersih Alami dari Kulit Jeruk

MESKIPUN sudah mengenal gaya hidup "hijau" semenjak tahun 2006 atau 2007-an, bukan berarti kini saya telah berhasil menerapkan segala sesuatu yang serba 'hijau' atau alami dalam keseharian saya. Pada kenyataannya, ada yang saya terapkan sebatas frekuensi sering, ada yang saya aplikasikan sesekali saja, ada yang tidak pernah saya niatkan untuk coba sama sekali, dan banyak pula yang hanya berakhir sebagai eksperimen semata.

Eksperimen yang akan saya ceritakan di postingan ini baru saya lakukan dua kali, namun sudah membuat saya merasa cukup puas -- dari segi proses maupun hasil, yaitu membuat pembersih alami dari kulit jeruk. Awalnya saya melihat cerita tentang pembersih alami tersebut banyak beredar di Istagram. Tapi setelah saya telusuri agak lebih lanjut, sebenarnya pembersih alami versi ini bukanlah hal baru. Sayanya saja yang terlambat tahu. Sampai saya akhirnya mau mencoba juga, itu lebih dikarenakan bahan dan pembuatannya yang relatif mudah dibandingkan pembers…

Pengalaman Pertama Membuat Roti Artisan

Sekian banyak tahun dengan pola pikir bahwa membuat roti panggang itu susah, apalagi kalau hanya bermodalkan oven tangkring, saya akhirnya mendapatkan motivasi untuk pertama kali mencoba membuat roti di awal tahun 2020 ini. Semua berkat postingan dan tantangan dari blog Sally's Baking Addiction untuk membuat roti artisan.

Roti artisan biasanya didefinisikan sebagai roti khas rumahan yang dibuat manual dengan tangan dan dengan menggunakan ragi alami, ditambah melalui proses fermentasi yang panjang. Roti ini, secara kualitas, cenderung lebih fresh dan karenanya tidak setahan lama roti biasa.
Dari segi penampilan, roti artisan tidak semulus roti pada umumnya. Dia cenderung bertekstur kering dan berkerak di bagian luar, namun lembut sekaligus kenyal dengan pori-pori besar di bagian dalam.
Di Barat sana, roti artisan lazim dipanggang menggunakan dutch oven -- sebuah panci tebal bertutup yang difungsikan untuk slow cooking. Untuk mendapatkan tekstur kering dan crusty di permukaannya, ro…

Resep Bola-bola Biskuit

Sebenarnya saya tidak tahu pasti apa nama "resmi" camilan manis seperti ini. Sama seperti saya tidak tahu siapa pencetus resep aslinya.

Sepengetahuan saya, kue bola-bola yang mencampur remahan halus biskuit dengan susu kental manis termasuk camilan umum yang banyak orang tahu dan bisa membuatnya tanpa perlu resep khusus.

Dan semua yang pernah membuat bola-bola biskuit -- terlepas dari kemudahan bahan dan cara membuatnya -- pasti setuju kalau proses pembuatannya yang panjaaang lumayan bikin KZL (baca: kesel, pakai "e"), apalagi di bagian bulat-bulatin adonannya. Hahaha! Bayangkan kalau adonannya BANYAK.

Mungkin ada yang memodifikasinya dengan menggunakan bahan-bahan berbeda. Misalnya, menggunakan remahan cake alih-alih menggunakan remahan biskuit, atau menggunakan keju lunak seperti cream cheese alih-alih susu kental manis.

Namun pada dasarnya kue ini ada di bawah prinsip yang sama: mencampurkan remahan dari kue yang sudah jadi (biskuit atau cake) dengan bahan &quo…